Harga Pasang kawat Gigi (Behel)

Harga Pasang kawat Gigi (Behel) | Berapa Harga Pasang Kawat Gigi Behel???
 
Mengenai biaya: relatif.
 
Tergantung bahan yang digunakan, skill atau kemampuan dan reputasi dokter gigi serta area praktik, sejauh mana apresiasi masyarakat terhadap gigi dan mulut, baik dari segi kesehatan-fungsional sampai dengan segi estetik/kosmetik. 

Secara umum pesawat kawat gigi/behel masih mahal terutama yang dikerjakan oleh drg Sp. Ort (berkisar antara 6 s/d 12 juta, belum termasuk biaya kontrol).
 
drg PPDGS ortho di RSGM di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort (berkisar 3,5 jutaan, belum termasuk biaya kontrol).
 
Kalau pesawat ortho lepasan boleh dilakukan oleh drg umum, biaya mulai dari 500 ribuan belum termasuk biaya kontrol. Biaya kontrol berkisar mulai dari Rp 75.000 per kunjungan. Sedangkan biaya kontrol dengan drg Sp.Ort berkisar antara 150 ribu s/d 250 ribu, jadi pikir secara matang dulu ya sebelum memutuskan untuk pake behel karena 250 ribu dikalikan 2 atau 3 tahun juga lumayan lho.

Lalu apakah hasilnya 100% memuaskan? jawabannya tidak.
  • yang namanya sudah pake behel kondisi gigi tidak akan pernah bisa kokoh dan kuat seperti dulu lagi (karena tulang penyangga giginya sudah hancur dan pulihnya butuh waktu seumur hidup).
  • tidak 100% rapi dan simetris seperti yg di iklankan dan digembar-gemborkan diawal perawatan (padahal sudah sempat gonta ganti spesialis).
  • retainer yg sebenarnya harus dipakai seumur hidup karena ada resiko gigi collapse (balik kebentuk semula) kalo tidak pakai retainer, dokter bilang sih 1 tahun cukup pake retainer tapi kenyataannya banyak yang balik lagi setelah bertahun tahun kemudian dan kondisi giginya sudah lemah, makanya bahaya kalo di copot. Sekedar info kalo diluar negeri mereka rata2 pake retainer lepasan atau yang permanen (yang ditempel dibelakang gigi) itu untuk seumur hidup. 
  • yang dikebanyakan kasus karena sayang udah terlanjur keluar duit banyak tapi malah balik lagi akhirnya ujung ujungnya pasang behel lagi dengan rencana nanti retainernya pasang yg permanen (banyak sekali kasus seperti ini).

Masukan buat yang ingin pasang kawat gigi (behel) :
  1. Pikir masak-masak sebelum memutuskan untuk menjalankan perawatan orthodonti (pake behel), gigi berjejal dikit tidak apa-apa, kecuali sudah parah sekali apa boleh buat. 
  2. Jangan sekedar ikut trend atau bahkan dikomporin sama praktisinya, ingat itu gigi gigi anda, efek sampingnya juga ada (keuntungan dan kerugiannya), dipertimbahkan dahulu. Banyak kok artis/aktor hollywood yang giginya tidak sempurna tapi tetap cantik (lihat giginya kirsten dunts). 
  3. Bahkan Dokter Spesialis Orthodonti pun banyak kok yang giginya tidak sempurna (sedikit berjejal atau gingsul) tapi banyak yang tidak menggunakan behel tuh. 
  4. Kalaupun terpaksa harus pasang kawat gigi karena gigi terlalu tongos atau berjejalnya gigi telah menimbulkan adanya tekanan ke tengkorak wajah dan terasa sakit sekali (seperti kasus saya), maka jangan pasang sembarangan ditempat yang murah. Gigi itu aset yang berharga jangan dibuat main-main. Memasang kawat gigi secara sembarangan (bukan oleh Sp.Ort) itu sangat bahaya apalagi sama tehniker gigi. Jangan terlalu mahal juga, makanya rajin research atau tanya-tanya dulu. 
  5. Sifat Alay dan lebay jangan dipelihara, kamu sudah cantik dengan atau tanpa kawat gigi.
Macam -macam kawat gigi (behel)

Jika anda sudah terlanjur pasang kawat gigi (behel) Tempuhlah perawatan orthodonti sebagai perawatan medis yang dilakukan jika diperlukan (seperti layaknya perawatan kesehatan lainnya) jangan jadikan sebagai perawatan kosmetik belaka karena menggeser posisi gigi dengan tujuan mendapatkan tampilan estetika yang baik tidak dengan tanpa resiko.

Demikianlah postingan kali ini mengenai harga pasang kawat gigi (behel). Semoga bermanfaat buat kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar