Mengenal Bakteri Vaginosis

Pengertian Bakteri Vaginosis

Vaginosis bakteri juga dikenal sebagai BV (Bacterial Vaginosis) adalah suatu kondisi wanita dimana ada pertumbuhan berlebih dari bakteri. Daerah ini dapat terasa gatal, sakit dan bau (biasanya bau amis). Ada juga sensasi terbakar. (Gejala bisa jadi tidak satupun, beberapa atau semua itu).
BV dapat mempengaruhi semua perempuan dari segala usia, tetapi paling sering mempengaruhi wanita usia subur. Hal ini juga sangat sering terjadi pada wanita hamil. Ada sedikit bukti mengenai bagaimana BV terjangkit. Apa yang diketahui adalah bahwa hal itu terkait dengan ketidakseimbangan bakteri yang ditemukan dalam vagina wanita.

Kita semua memiliki bakteri dalam tubuh kita, dan bakteri yang baik adalah sama sekali tidak berbahaya. Perempuan memiliki keseimbangan bakteri “baik” dan “buruk” di vagina mereka dan BV terjadi ketika saldo yang ada mendukung bakteri buruk.
Ada beberapa kesamaan perempuan yang beresiko tertular BV misalnya berhubungan seks dengan pasangan baru, bagaimanapun, perempuan yang belum aktif secara seksual juga dapat terjangkit BV. Pada titik ini, tidak mungkin untuk terjangkit BV dari kursi toilet umum atau dari linen tempat tidur seseorang.

Tanda - Tanda Nyata Pertama Dan Gejala BV?

Tanda pertama yang paling jelas adalah keluarnya cairan (biasanya putih atau abu-abu) yang memancarkan bau yang sangat tidak menyenangkan (seperti ikan). Hal ini dapat lebih lazim setelah melakukan hubungan seksual. Dengan BV, mungkin ada sensasi terbakar ketika buang air. Hal ini sangat sering disertai dengan gatal di sekitar bagian luar vagina (bisa sangat memalukan).
Itu semua gejala yang paling umum, namun beberapa wanita yang pernah mengalami BV tidak merasakan gejala itu sama sekali.
Wanita yang mengalami BV sementara hamil, lebih sering melahirkan bayi dengan berat lahir rendah atau prematur. Bisa ada komplikasi. Bakteri yang menyebabkan BV kadang-kadang dapat menginfeksi rahim dan saluran tuba. Hal ini umumnya dikenal sebagai PID. PID kadang-kadang dapat menyebabkan kemandulan atau di kemudian hari menyebabkan kehamilan ektopik. Hal ini adalah kondisi yang dapat mengancam kehidupan dimana sel telur yang telah dibuahi tumbuh di luar rahim.

Bagaimana Vaginosis bakteri didiagnosis?
Satu-satunya cara untuk mendapatkan konfirmasi dari Vaginosis bakteri adalah memiliki sampel cairan yang diambil dari vagina dan diuji.

Cara Mengobati Vaginosis bakteri

Ya, kadang-kadang BV akan sembuh sendiri, namun semua perempuan harus ditangani untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. BV dapat diobati dengan antibiotik, namun BV dapat kambuh setelah pengobatan. Metode alami dan metode holistik juga telah terbukti sangat efektif pada beberapa wanita.

0 komentar:

Posting Komentar